Tourette Syndrome

HypnoParenting Tips #4: Cara Komunikasi Non-Verbal Dengan Anak

Terapi / hipnoterapi anak melalui HypnoParenting cukup 1x2 jam. Komunikasi non-verbal yang baik akan mencegah anak stress , anak pemarah , anak bandel dan melawan orang tua.

Disamping komunikasi kata-kata (verbal), peran komunikasi non-verbal (tanpa kata-kata) juga sangat penting. Profesor Mehrabian dari Harvard University meneliti, bahwa efektifitas komunikasi non-verbal adalah 55%. Hanya kata-kata sebesar 7%, kata-kata dengan intonasi sebesar 38%.

Yang sering terjadi tanpa disadari oleh para orang tua adalah komunikasi dengan “bahasa” yang keras, yang disertai mimik wajah yang cemberut. Dengan pikiran bawah sadar yang 95% ini merupakan “long term memory” (lihat HipnoParenting Tips yang lalu), maka wajah yang cemberut, marah dll (komunikasi non-verbal) maka dampak wajah yang “tidak bersahabat” ini tentulah sangat negatif (55%) dalam jangka panjang.

Pikiran bawah sadar yang berarti juga otak perasaan dan emosi, yang berarti juga bahwa kata-kata orang tua akan sangat mempengaruhi emosi anak. Kalau kita “kasar”, anakpun menjadi “kasar” kepada kita (emosional, menjadi pemarah, dll)

Saran saya, cara komunikasi anak dengan non-verbal adalah:

  1. Berbicara sambil senyum kepada anak
  2. Berbicara dengan intonasi yang baik dan “bersahabat”
  3. Kita berbicara dengan “level” mata yang sama dengan “level” mata anak (kita sambil jongkok)
  4. Berbicara sambil memandang ke wajah anak, agar tampak akrab
  5. Berbicara sambil sesekali memegang anggota tubuh anak, agar perasaan anak menjadi nyaman.

HipnoParenting juga adalah “seni” untuk mendidik dan membesarkan anak berdasarkan ilmu hypnosis (ilmu komunikasi pikiran bawah sadar). Bila kita dapat berkomunikasi dengan baik dengan anak kita, maka kita mudah “menghipnosis” (“memerintah”/men-sugesti anak).

Salam sukses mendidik anak,

Adhi Susilo CI, CH, CHt - Certified Hypnotherapist (NGH USA, IBH Indonesia)

http://hipnoparenting.blogspot.com

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *