Tourette Syndrome

Terapi / Hipnoterapi Anak Rendah IQ

Cukup 1x2jam Terapi / Hipnoterapi / Hipnoparenting / Hipno Parenting anak yang dirasakan IQnya rendah. Terapi anak ini sebenarnya secara psikologi anak serta perkembangan jiwa anak, sangat terkait dengan lingkungannya. Bila kita tahu pola pikir anak, kita dapat melakukan “treatment” ( terapi ) sendiri untuk anak.

Seorang ibu di sekitar Bandung Barat menghubungi Klinik Hipnoterapi kami di Bandung, mengeluhkan putranya yang kelas VI SD yang “dinilai” rendah IQnya (82) oleh seorang ahli.


Dari nilai sekolah, sebenarnya tidak begitu parah. Angka ulangan berkisar 5 s/d 7. Tetapi karena sang putra bersekolah di SD yang termasuk unggulan, dimana guru-gurunya menghendaki “perfect” pada setiap siswanya, maka nilai sekitar 5-7 ini menjadi masalah.

Orang tuanya sudah melaporkan ke gurunya dan BP, tetapi rupanya “hasilnya” belum terlihat secara signifikan. Malahan gurunya memberi “label” anaknya bodoh, dan diminta ke ahlinya untuk di test IQnya

Ibunya semakin stress, karena hasil IQ adalah 82, yaitu dibawah rata-rata.

Sambil berkaca-kaca sang ibu ini mengatakan seperti ini:

“Pak, saya semakin stress, karena anak saya katanya IQnya rendah. Padahal kalau saya amati, dia baik-baik saja. Di rumah sopan, main anak-anak lain happy-happy saja. Kalau main game juga sering menang. Bicaranya normal, walaupun kalau mikir hal baru agak lambat”

“Tolong pak, anak saya dihipnotis biar IQnya naik”

“Atau gimana caranyalah, yang penting anak saya nilainya bisa naik”

“Sekarang baru naik SD kelas VI”

“Kami sudah lama stress mikir anak kami”


“Ok bu, saya akan bantu”

“Saya akan wawancara dan test ke putra ibu sebentar”, jawab saya.


Singkat kata, saya melakukan wawancara holistik kepada sang ibu dan anak, untuk mengetahui pola-pola perilaku anak, untuk menterapi perilaku anak (Cognitive Behavior Therapy – CBT)


Dari psikoanalisa singkat yang saya lakukan, sebenarnya pola pikir anak sangat logic dan normal. Satu hal yang kurang hanyalah agak lambat berpikir.


Lalu saya lakukan regresi sampai kelas III SD, ternyata saat itu bapak dan ibunya sama-sama kerja hingga malam, dan tidak ada waktu untuk membimbing sang anak, sehingga nilainya selalu jelek. Ibu dan bapaknya memang mengakui, sejak kelas III SD sampai sekarang (kelas VI SD), tidak pernah mendampingi putranya belajar.

Saya mengambil kesimpulan, bahwa memang “inputan” otaknya agak sedikit, sehingga memang pengetahuan dan ketrampilan berpikirnya “kurang”.


Seperti halnya komputer, menurut ilmu hypnosis, bila “program” dan “data”-nya kurang, maka eksekusi programnya menjadi sangat terbatas. Demikianlah otak manusia, bila tidak diberi masukan dan tidak dilatih, maka menjadi kurang berdaya (tumpul). Mirip dengan otot tubuh, bila tidak dilatih, maka ototnya lemah.


Dalam hipnoterapi / hipnoparenting / terapi yang saya lakukan, saya memberikan hal-hal ini kepada ibunya:

  1. Edukasi bahwa anaknya normal (IQ tidak “jongkok”)
  2. Saya jelaskan, karena jarang belajar, maka nilainya tertinggal (tidak perlu stress, karena ini adalah hal yang wajar)
  3. Saya menyarankan adanya tambahan les khusus, bila sang ibu tidak dapat membimbing belajar.
  4. Saya ajari sang anak untuk melakukan self hypnosis (cara anak-anak), agar rajin belajar dan semakin pintar.
  5. Saya ajari ibunya untuk meng-hipnosis anak di rumah agar anak semakin rajin belajar


Terapi Hipnosis ini ternyata terbukti mampu menyelesaikan permasalahan anak , dengan catatan sang ibu diberikan ilmu terapi agar mampu memberikan terapi di rumah nantinya.


Menurut saya, therapist yang baik harus juga memberikan bekal ilmu / edukasi agar klien mampu menterapi sendiri (tidak banyak tergantung kepada terapist lagi).

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *