Tourette Syndrome

Terapi / Hipnoterapi Anak Pelupa Tidak Fokus Belajar

Cukup 1x2.5jam Terapi / Hipnoterapi / Hipnoparenting / Hipno Parenting anak pelupa dan tidak fokus belajar serta sering khawatir (anxiety). Terapi kesehatan mental anak bermasalah ini merupakan penyembuhan komplementer Psikologi Anak dalam rangka Parenting yang sukses.

Seorang Kakak tinggal di Cirebon menghubungi Klinik Hipnoterapi saya di Bandung, mengeluhkan adiknya SMU yang sering pelupa dan tidak fokus belajar beberapa tahun. Keluhan lainnya adalah, sikapnya yang kekanak-kanakan. Sang adik ini diantar kakaknya ke klinik hipnoterapi saya di Bandung.

Adik kecil yang kekanak-kanankan ini rupanya menjadi bahan olok-olokan dan “mainan” bagi kakak-kakaknya, bahkan oleh bapak ibunya. Contohnya, sudah makan, tapi minta makan lagi. Lupa kalau sudah makan.

“Gimana sih, kamu sering pelupa sih!”

“Wa, iya ya, saya kok pelupa”, jawab sang adik ini, sambil garuk-garuk kepalanya.


Setelah saya lakukan wawancara dan “test” kepada sang adik, ternyata logikanya “jalan”, dan cukup pintar. Saya minta memenangkan diri, lalu saya minta menjelaskan proses kepergian dari Cirebon ke Bandung (klinik saya). Ternyata sang adik ini menjelaskan dengan benar (dikonfirmasi BENAR oleh sang kakak).


Saya wawancara lagi dan saya amati “ideomotoric indicator” pada wajahnya. Rupanya agak tegang dan khawatir. Setelah saya wawancara lebih dalam lagi dengan “meta model” ala Milton Erickson (suatu metoda komunikasi bahasa hypnosis “advanced”), saya menyimpulkan, bahwa masalah “pelupa” ini sudah menjadi “anchor” (label) pada diri sang adik ini. Label “pelupa” ini di create oleh lingkungannya dengan durasi cukup lama (kakak, keluarga, teman dll), sehingga menjadi “sifat yang menetap” pada pikiran bawah sadarnya. Pelupa dan tidak konsentrasi belajar ini juga dipicu oleh rasa kekhawatiran tentang pelupa yang “tidak bisa hilang” selamanya.


Teknik terapi yang saya lakukan dalam hipnoterapi adalah:

  1. Bebepara kali test dan cara mengingat (ternyata dia ingat semua dengan cepat).
  2. Saya minta melaksakan relaksasi hypnosis dan anti stress breathing (metoda Robert Simon Siegel, USA).
  3. Saya ajari teknik “guided imaginary” untuk mengingat-ingat sesuatu (seperti metoda Forensic Hypnosis).
  4. Self Suggestion untuk semangat belajar dan selalu ingat segala sesuatu.
  5. Saya rekamkan Audio CD untuk self hypnosis di rumah (agar cukup 1x terapi, selanjutnya cukup dilaksanakan di rumah)

Terapi Hipnosis ini terbukti mampu menyelesaikan permasalahan anak , dengan catatan memang sang anak ingin sembuh dari “penyakitnya” (ada niat untuk sembuh)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *