Tourette Syndrome

Psikologi Anak - Hypnoparenting - Hipnoterapi

Hipno Parenting / hipnoparenting adalah aplikasi ilmu hypnotherapy untuk parenting (ilmu mendidik dan membesarkan anak dengan baik). Ilmu ini merupakan pelengkap psikologi anak dalam rangka kesehatan mental anak , pendidikan dan pengajaran anak untuk menjadi orang sukses nantinya.

Bagaimana teknik hipnoterapi anak yang sering disebut hypnotic parenting atau hypnoparenting (hypno parenting)?

Sebagian dari anda mungkin sudah mendengar tentang hypnosis (berasal dari kata Yunani ”hypnos” yang berarti tidur), atau hypnotherapy yang biasanya dipergunakan untuk menterapi orang dewasa.

Timbul pertanyaan, apakah hypnotic parenting / hypno parenting ini dapat dipergunakan untuk menterapi anak-anak?
Apakah anak-anak lalu disuruh ”tidur” lalu ”disulap” menjadi anak pintar, rajin belajar, penurut dan bahkan percaya diri seketika (seperti Rommy Rafael di TV)?

Ternyata dalam hypno parenting untuk anak agak berbeda dengan hypnotherapy untuk orang dewasa. Pada hipnoterapi ”biasa” (classical hypnotherapy), mata klien memang diminta untuk ”ditutup” (hypnos=”tidur”), tetapi dalam hipnoterapi modern, juga dimungkinkan dengan mata terbuka (open eyes hypnotherapy), yang dipermodern oleh Dr. Milton H. Erickson, yang dikenal dengan Ericksonian Hypnosis. Disini dikenal istilan-istilah Milton Model, Meta Model, pola-pola bahasa hipnosis Ericksonian dll, yang secara sederhananya adalah metoda psikoterapi dengan mempergunakan bahasa-bahasa hipnosis.

Apa saja perbedaan metoda terapi ini dengan metoda terapi lainnya?
Seperti kita kita ketahui bahwa dalam hipnosis akan ”menyentuh alam bawah sadar” yang 88% melingkupi kehidupan seseorang (yang 12% adalah pikiran sadar), maka terapi dengan hipnosis ini akan mampu ”lebih banyak” untuk mengubah perilaku anak sehingga menjadi lebih baik.

Dan tentu saja, metoda hipnoterapi ini tidak dengan obat-obatan tertentu yang secara tidak langsung mungkin akan menyebabkan efek samping yang tidak dikehendaki.
Selain itu, agar proses hipnoparenting ini tuntas, metoda terapi ini ditujukan untuk sang anak yang bermasalah dan orang-tuanya sekaligus.

Berapa lama atau berapa kali dilakukan hipnoterapi dengan hipnoparenting ini?
Pengalaman di klinik kami sejak awal 2007 lalu, biasanya klien cukup 1x datang 2 jam saja, dengan catatan sang anak dapat hadir bersama orang tuanya.

Mengapa bisa begitu cepat, cukup dengan hanya dengan 1x sesi terapi?
Metoda hipnoparenting ini kami gabungkan dengan metoda Ericksonian Hypnotherapy serta NLP (Neuro Linguistic Programming) Therapy dan bahkan dengan Gestalt Therapy, sehingga proses hipnoterapi menjadi lebih cepat.

Orang tua justru kami berikan edukasi berupa teknik-teknik terapi hipnosis tertentu yang nantinya dipergunakan untuk membantu pasca hipnoterapi di klinik kami. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa hipnoterapi ini dapat membantu penyelesaian problem anak , yang merupakan komplementer psikologi anak.

Previous
« Prev Post
Oldest
Anda lagi baca posting terakhir

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *